SDGs Center UNP Terlibat dalam Penyusunan RAD SDGs Sumbar

Padang (ANTARA) – Sustainable Development Goals (SDGs) Center Universitas Negeri Padang (UNP terlibat dalam penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) TBP/SDGs Provinsi Sumbar 2022-2026. Keterlibatan ini bagian upaya UNP untuk berkontribusi terhadap pencapaian indicator SDGs di provinsi itu.

Tim Bidang Pendidikan SDGs UNP, Dr. Abna Hidayati, M.Pd menjelaskan keterlibatan UNP merupakan kontribusi dan dukungan besar kampus terhadap perumusan rencana aksi daerah dan juga mengoptimalkan implementasi SDGs di Sumbar khususnya dalam pencapaian indikator pencapaian pilar sosial.

Menurut Abna, keterlibatan UNP terkait penyusunan rencana aksi daerah (RAD) SDGs yang akan dioptimalkan pencapaiannya oleh Provinsi Sumbar dari tahun 2022-2026.

Tim penyusunan rencana aksi ini nanti juga akan dilibatkan dalam implementasinya hingga pada tingkat kabupaten/kota.

SDGs Center UNP yang berdiri sejak tahun 2021 sudah secara aktif terlibat dalam pencapaian indicator melalui program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang secara aktif diselenggarakan UNP melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Seluruh kegiatan tersebut, harus mengacu kepada indicator SDGs.

Ketua SDGs Center UNP, Dr. Erianjoni, M.Pd menjelaskan bahwa keterlibatan UNP dalam rakor adalah kontribusi UNP untuk mendukung pencapaian SDGs di Sumbar.

“Kita terlibat aktif dalam kegiatan perencanaan, implementasi dan monitoring pencapaian SDGs di Sumbar,” kata Erianjoni.

SDGs merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.

Rencana aksi tersebut diwujudkan dalam 17 tujuan yaitu (1) Tanpa Kemiskinan; (2) Tanpa Kelaparan; (3) Kehidupan Sehat dan Sejahtera; (4) Pendidikan Berkualitas; (5) Kesetaraan Gender; (6) Air Bersih dan Sanitasi Layak; (7) Energi Bersih dan Terjangkau, (8) Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; (9) Industri, Inovasi dan Infrastruktur; (10) Berkurangnya Kesenjangan; (11) Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan; (12) Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab; (13) Penanganan Perubahan Iklim; (14) Ekosistem Lautan; (15) Ekosistem Daratan; (16) Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh; (17) Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

Tim SDGs UNP memiliki 8 Devisi dengan pakar di bidangnya masing-masing, yakni Dr. Anton Komaini (Pendidikan dan Olahraga), Dr. Rer nat, Deski Beri, M.Si (Kimia), Dr. Kasmita, M.Pd (Gizi), Ashari Syarief, M.Si (Perubahan Iklim), Rindang Ayu, S.Psi, M.Si (Psikologi), Krismadinata, Ph.D. (Infrastruktur dan Industri), Dr. Abna Hayati, M.Pd (Pendidikan), Dr. Fakhrur Razi, M.Si (Bencana dan Mitigasi), Sany Dwita, M.Si, Ph.D (Ekonomi/ Akuntansi), dan Dr. Fatmariza, M.Hum (Sosiologi Gender).*

Pewarta : Rls-Ant
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Original Source : https://sumbar.antaranews.com/berita/533381/sdgs-center-unp-terlibat-dalam-penyusunan-rad-sdgs-sumbar

Leave a Comment